Partisi adalah

  • 0

Partisi dalam komputer adalah bagian-bagian pada Hard disk yang dipecah. Biasanya pecahan-pecahan Hard Disk tersebut terdaftar pada drive yang ada pada sebuah komputer. Misalnya, ketika anda membuka My Computer pada Windows, anda akan melihat ada drive C, drive D dan sebagainya. Itu artinya, Hard Disk anda di komputer itu terbagi menjadi bagian di C dan bagian di D. Itulah yang disebut dengan partisi.
Pada postingan kali ini saya akan membahas bagaimana cara Memecah dan Menggabungkan partisi padaWindows 7 tanpa perlu menginstall software lain.

Kenapa tidak perlu software lain?

Semakin banyak software yang terinstall, maka semakin lemot / lambat komputer anda. Maka dari itu, kita perlu meminimalisir jumlah software yang ada di komputer kita, apalagi software yang jarang kita pakai, seperti pembuat partisi. Kalau Microsoft sudah menyediakan fitur ini, kenapa minta software lain? Tujuan dan hasilnya pun sama.
OK, kembali ke topik. Yang perlu anda lakukan hanyalah menjalankan program bawaan dari Windows yang bernama “Disk Management“.
  1. Buka Control Panel/Start Menu
  2. Search dengan kata “Disk Management”
  3. Akan keluar pilihan  ”Create and Format Harddisk Partitions”
Maka akan keluar gambar seperti di bawah ini:
Disk Management

Membuat Partisi / Memecah Partisi Hard Disk

Membuat Partisi Hard Disk dapat dilakukan dengan sangat mudah di Windows. Setelah anda membuka Disk Management, lihat gambar di atas. Di sana ada daftar partisi yang sudah ada di komputer anda, pada komputer saya ada 3 partisi. Yaitu C, Data (E) dan Windows 8 (B).
Sebenarnya, membuat partisi baru itu sama saja dengan memecah sebuah partisi (Splitting Partition)  yang sudah ada. Mekanismenya seperti ini:
Partisi D (Kapasitas 150 GB) ingin kita pecah, menjadi D (Kapasitas 100 GB) dan F (Kapasitas 50 GB).
Jadi, anda perlu menentukan partisi mana yang akan anda ambil kapasitasnya untuk dibagi dan dibuat menjadi partisi baru. Setelah anda mentukan, klik kanan pada partisi tersebut dan pilih menu “Shrink Volume”, maka akan muncul window seperti di bawah ini:
Querying Shrink
Ini kalau di saya agak lama, jadi sabar yah :)
Kalau sudah, akan ada window yang menanyakan seberapa besar kapasitas dari partisi anda yang ingin anda bagi (lihat gambar)
Shrink Partition Volume
Ketika sudah, klik “Shrink”. Maka akan muncul kotak baru dengan warna hijau.
New Partition Windows 7
Hijau menandakan bahwa partisi tersebut adalah partisi kosong yang masih belum bisa digunakan. Untuk dapat bisa menggunakannya, kita perlu memformat partisi tersebut, dengan cara Klik Kanan dan pilih “New Simple Volume
New Simple Volume
Lalu akan muncul window di bawah
volume size
Partition LetterPartition Volume Name
NTFS itu bisa terbaca di Windows maupun Linux. Kalau FAT32 hanya bisa di Windows.
Setelah semua proses di atas anda lakukan, maka kotak yang tadinya berwarna hijau akan berubah menjadi biru:
Adding Partition
Dan di My Computer akan ada drive baru:
List of Drive

Menggabung Partisi Hard Disk

Untuk menggabung sebuah Hard Disk, langkah-langkah yang perlu ditempuh adalah memformat partisi anda (Membuatnya hijau lagi) lalu menggabungkannya dengan partisi yang lain.
Catatan: Untuk memformat sebuah partisi, semua konten/isi yang ada di dalam partisi tersebut akan hilang. Maka dari itu, pindahkan dulu semua isinya ke partisi lain yang ingin kita gabungkan.
Misalnya, kita ingin menggabungkan D dengan F. Maka pindahkan semua konten F ke D, lalu format F, dan gabungkan D dan F.
Seperti yang saya bilang, pertama-tama anda harus memformat sebuah partisi terlebih dahulu. Klik kanan pada partisi yang anda ingin format, lalu pilih “Delete Volume
Delete Volume
Dengan begitu, volume/partisi yang anda delete akan berubah kembali menjadi hijau. Dan semua isi di dalamnya akan hilang (Jadi jangan lupa di backup ya :Peace: )
Nah, pada partisi yang anda ingin gabungkan dengan partisi “hijau” anda. Klik kanan dan pilih “Extend Volume
Extend Volume Wizard
Selesai :)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar